Selasa, 16 Januari 2018

Blok situs berdasarkan User Hotspot di Mikrotik RB941-2nD









Pengertian
Di Internet , blok atau larangan adalah tindakan teknis yang dimaksudkan untuk membatasi akses terhadap informasi atau sumber daya. Blocking dan inversnya, unblocking, bisa diimplementasikan oleh pemilik komputer yang menggunakan software.

Latar belakang 
di sini saya ingin mengupas lebih dalam lagi fitur Hotspot di Mikrotik.nah kebetulan saya ingin membuat dua User.User guru tidak boleh akses Facebook dan User siswa tidak boleh akses Youtube.

Tujuan
saya ingin siswa tidak mengakses Youtube dan guru juga tidak bisa buka facebook.oleh karena itu saya buat tutorial ini.

Alat dan bahan
1 buah Mikrotik RB941-2nD
1 PC untuk konfigurasi
koneksi internet

Lama pelaksanaan
5 menit

Tahap pelaksanaan
1.ok pertama saya masuk IP>Hotspot>User profile.
  kemudian saya akan membuat User profil untuk user guru
  
Name=di gunakan untuk identitas User Profilnya
Address List=untuk menandai User Profilnya

 2.saya masuk IP>Hotspot>User profile.
   kemudian saya akan membuat User profil untuk user siswa
  
 Name=di gunakan untuk identitas User Profilnya
 Address List=untuk menandai User Profilnya

3.kemudian masuk menu User.Sekarang saya akan ganti profinya sesuai yang saya buat tadi

4.lakukan hal yang sama untuk User siswa

5.nah sekarang masuk menu IP>Firewall.kemudian masuk menu Filter rules.kemudian tambahkan rulnya seperti gambar di bawah ini.

6.kemudian masuk menu Filter rules.kemudian tambahkan rulnya seperti gambar di bawah ini.

7.Kemudian saya akan login dengan User guru

8.ternyata sudah bisa block facebook

9.kemudian saya coba login dengan User siswa

10.ok sekarang sudah ke blok youtubenya

10 komentar:

  1. address list pada penamaan user profil hotspot itu gimana y caranya biar muncul atau diketik manual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketik manual gan, soalnya pas ane coba kayak dipostingan gak terdeteksi

      Hapus
  2. gak lengkap ini, setting address listnya belum

    BalasHapus
  3. Yeee, itu mah bukan ke blok tampilan nya harus nya access denied klo ke blok

    BalasHapus
  4. Thanks gan, bisa. Mungkin yang komen diatas ada yang belum confignya makanya gak bisa

    BalasHapus
  5. itu ndak bisa krn address listnya blum ada, kalau cuman di tulis itu ya ndak bisa. buat address list dgn nama youtube, facebook

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmna buat nya pak?? nambahkan berdasarkan domain bukan

      Hapus