Selasa, 14 Februari 2017

how to install slims8


Pengertian

    Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan  (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source .

Latar belakang

karena disekolahan saya belum ada perpustakaan online maka saya ingin membangun perpustakaan online dengan slims8

Tujuan 

membuat perpustakaan online disekolah dengan slims8

Alat dan bahan

pc (yang digunakan untuk meremote server)
server
koneksi internet
aplikasi slims8(download disini)

Lama pelaksanaan

25 menit untuk

Tahap pelaksanaan 

 1.ok saya akan remote server saya

2.selanjutnya saya akan copy slims8nya ke directory /var/www/html dengan
   perintah
cp slims8.3.1-akasia.zip /var/www/html/


3.setelah itu saya masuk directory /var/www/html dengan perintah
  cd /var/www/html

4.kemudian saya extrak slims8.3.1-akasia.zip dengan perintah
  unzip  slims8.3.1-akasia.zip

5.sekarang saya akan kasi hak milik dengan perintah
chown -R www-data:www-data slims8.3.1-akasia

6.selanjutnya kasi hak akses dengan perintah
 chmod -R 750 slims8.3.1-akasia



7.kemudian saya akan buat database dulu disini saya buat database dengan
   nama "maulana.shio"


8.kemudian buka slims8nya  di browser

9.selanjutnay klik LETS START THE INSTALLATION

10.klik NEW INSTALL

11.kemudian isikan seperti gambar dibawah


12.klik OK START THE SLIMS

13.kemudian muncul tampilan sebagai berikut


Kesimpulan
dengan adanya perpustakaan online saya tidak perlu mebeli buku untuk membacanya

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_%28perangkat_lunak%29

0 komentar:

Posting Komentar