Kamis, 09 Februari 2017

Menambah Nama Perintah Pada Linux


Pengertian
di terminal linux ada perintah perintah yang digunakan untuk mengeksekusi apa yang kita mau 

Latar belakang
saya mencoba menambah nama perintah di terminal linux sasuai dengan yang saya mau  contoh:ping 8.8.8.8 saya bisa menambah nama perintah dengan try.jadi dengan perintah try saya langsung bisa ping 8.8.8.8 

 disini ada 2 cara
1.cara pertama adalah menambah nama perintah secara permanen (jadi 
   apabila di reboot,shutdown tidak hilang)

 2.cara kedua adalah menambah nama perintah tidak secara permanen (jadi
   apabila di reboot,shutdown akan hilang)

Tujuan
menambah nama perintah dasar yang saya mau

Alat dan bahan
pc yang sudah terinstall os linux

Lama waktu pelaksanaan
5 menit

Tahap pelaksanaan

CARA PERTAMA (secara permanen)
1.ok pertama saya akan buka terminal saya sebagai super user

2.masukkan perintah
 cd /usr/bin

3.kemudian masukkan perintah "nano (nama perintah)"
contoh:nano try

4.selanjutnya tambahkan perintah
 #! /bin/bash
 (nama perintah yang akan ditambah
 contoh:ping 8.8.8.8)
contoh:#! /bin/bash
             ping 8.8.8.8


5. selanjutnya kasi hak akses kepada (nama perintah baru)
   chmod 775 try

6.kemudian coba dengan nama baru tadi
CARA KEDUA
1.ok cara kedua ini cukup mudah

2#alias ( nama perintah baru )="( nama perintah asli )"
 contoh:alias new="apt-get update"

3.udah kemudian coba dengan perintah baru tadi
Kesimpulan 
cara ini akan mempermudah user untuk mengetikkan perintah peritah yang
susah dihafal

Referensi
/umamasfiyaul45.blogspot.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar