Senin, 01 Mei 2017

Memperbolehkan Beberapa Vlan Yang Boleh Melewati Trunk


Pengertian
Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.
trunk istilah trunk bisa berarti 1link/kabel yang bisa membawa banyak kabel,

Latar belakang
disini saya mempunyi 2 switch dan pada switch tersebut saya mempunyai 3 vlan yaitu vlan 10,20,30 dan pada tutorial ini saya hanya akan memperbolehkan vlan 10 saja yang boleh masuk trunk dan vlan lainya tidak boleh.

Tujuan
Memperbolehkan Beberapa Vlan Yang Boleh Melewati Trunk

Alat dan bahan 
Aplikasi cisco packet tracer

Lama waktu pelaksanaan
10 menit

Tahap pelaksanaan
 
ok pertama buat vlanya.disini saya buat 3 vlan yaitu vlan 10,20,30 sesuai topologi di atas.lakukan hal ini pada kedua switch

Switch(config)#vlan 10
Switch(config-vlan)#name admin
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#vlan 20
Switch(config-vlan)#name guru
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#vlan 30
Switch(config-vlan)#name siswa
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#

kemudian saya masukkan ke interfaces yang telah di tentukan sesuai tpologi di atas.lakukan hal ini pada kedua switch

Switch(config)#interface fastEthernet 0/2
Switch(config-if)#switchport access vlan 10
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#interface fastEthernet 0/3
Switch(config-if)#switchport access vlan 20
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#int fastEthernet 0/4
Switch(config-if)#switchport access vlan 30
Switch(config-if)#exit

ok sekarang saya buat trunk pada interfaces 1.trunk adalah 1link/kabel yang bisa beberapa banyak vlan.lakukan hal ini pada kedua switch

Switch(config)#int fastEthernet 0/1
Switch(config-if)#switchport mode trunk
Switch(config-if)#no shutdown
Switch(config-if)#exit

setelah itu beri ip pada pc sesuai topologi di atas.setelah di beri ip trus ping pc yang sama vlanya pastikan terkoneksi.







kemudian saya hanya memberi jalur pada vlan 10 saja dan vlan 20 & 30 tidak saya beri jalur.lakukan hal perintah dibawah ini pada interfaces yang menjadi trunk.lakukan hal yang sama pada kedua switch.

Switch(config)#interface fastEthernet 0/1
Switch(config-if)#switchport trunk allowed vla
Switch(config-if)#switchport trunk allowed vlan 10
Switch(config-if)#

tadi yang saya beri jalur hanya vlan 10.berarti yang bisa ping hanya pc yang vlan 10




Kesimpulan 
dengan begini saya bisa hanya vlan yang di butuhkan saja yang boleh melewati trunk tersebuk

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN
Buku bast-path
 

0 komentar:

Posting Komentar