Jumat, 02 Juni 2017

Menerapkan SSL (HTTPS) untuk Login Hotspot MikroTik



Pengertian
HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah sebuah protokol yang menyediakan kemanan tambahan dibandingkan dengan HTTP biasa. Standarnya, HTTPS menggunakan Port 443. Untuk pengamanan data HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Secure Layer (TLS).

Secure Sockets Layer ( SSL ), keduanya sering disebut sebagai "SSL", adalah protokol kriptografi yang menyediakan keamanan komunikasi melalui jaringan komputer

Latar belakang
Alasan kenapa saya memakai Protokol HTTPS dan SSL untuk meningkatkan keamanan pada sebuah jaringan komputer.

Tujuan
pada kali ini saya akan mengimplementasikan Protokol HTTPS dan SSL pada hostpot mikrotik pada certificat SSL pada mikrotik belum ada tapi kita bisa membuat sendiri Certificat SSLnya.dan nanti akan saya posting lain waktu untuk cara membuat SSLnya.

Alat dan Bahan
1. File Sertifikat (*.cert.pem / *.crt) beserta Private Key (*.key.pem / *.key)
2. Perangkat MikroTik yang sudah dikonfigurasi Hotspot

Waktu pelaksanaan
15 menit

Tahap pelaksanaan
1.ok pertama saya akan upload Sertifikat yang saya buat tadi pada menu FILE 
   di mikrotik

2.Setelah file-file diatas diupload, hal yang saya lakukan selanjutnya adalah
   mengimport Sertifikat beserta Private Key ke Certificate List MikroTik. Buka
   Menu System → Certificates, lalu klik Import.

3.Pada Only-File, masukkan file Sertifikat dan Private Key. Juga jangan terlewat
   untuk mengisi Passphrase dari tiap file.




4.sekarang saya menghidupkan Protokol HTTPS nya melalui menu IP →
   Services. Pada www-ssl kita Enable.


5.kemudian saya akan membuat hotspot seperti biasanya


6.Pasa menu Select Certificate saya akan mengisinya dengan Sertifikat yang sudah saya import.



7.pada DNS name  saya mengisi domain sama dengan sertifikat tadi


8.Sekarang saya akan coba akses hostponya di Web Brouser dan perhatikan bagian atas sudah https atau belum 

Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Transport_Layer_Security
Wikipedia - HTTP Secure

 

1 komentar:

  1. hallo, mas AMINMAULANA.BLC tutorialnya sangat membantu, kalau untuk cara membuat SSLnya bagaimana ya, bisa di share kah hehe
    terimkasih

    BalasHapus