Rabu, 22 November 2017

Install PrestaShop



Pengertian
PrestaShop adalah solusi open source e-commerce gratis . Perangkat lunak ini diterbitkan di bawah Open Software License (OSL). Hal ini ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dengan dukungan untuk sistem manajemen database MySQL .
PrestaShop memiliki lebih dari tiga ratus fitur built-in untuk mengelola daftar produk, pembayaran, pengiriman, produsen dan pemasok. PrestaShop menggunakan sistem templat web yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tema toko dan menambahkan fitur baru melalui modul pengaya. Pasar PrestaShop Addons menyediakan platform bagi pengembang pihak ketiga untuk menjual tema dan modul kepada pedagang.

Latar belakang
Tugas sekolahan yang di suruh untuk membuat sesuatu yang memanfaatkan database.saya ingat kata-kata sambil menyelam minum air.kamudian saya kemudian mengikutinya sambil mengerjakan tugas juga mulain bagaimana mambuat sebuah bisnis online.

Tujuan 
Membuat sebuah website dengan tema toko online

Alat dan bahan 
Aplikasi prestashop
1 buah PC

Waktu pelaksanaan
60 menit

Tahap pelaksanaan

1.ok pertama saya akan mendownload terlebih dahulu prestashopnya
cd  /var/www/html
wget http://www.prestashop.com/download/old/prestashop_1.6.0.9.zip
 2.kemudian saya akan extrak prestashop yang saya download tadi
unzip prestashop_1.6.0.9.zip 
3.selanjutnya saya akan memberi hak akses dan hak milik pada folder prestashop yang sudah saya extrack tadi
chmod -R 755 prestashop
chown -R www-data:www-data prestashop
4.kemudian saya akan membuat db untuk aplikasi prestashopnya.disini saya buat nama db toko
mysql -u root -p
CREATE DATABASE toko;
CREATE USER root@localhost IDENTIFIED BY 'amin';
GRANT ALL PRIVILEGES on toko.* to root@localhost

5.kemudian saya akan akses prestashop tadi dan di gambar di bawah ini saya akan memilih bahasa Indonesia

6.kemudian gambar di bawah centang "saya setuju dengan syarat dan ketentuan di atas"

7.mengisi formulir sesuai diri saya ini bisa di sesuaikan
Informasi tentang toko Anda   
   Nama Toko                  :Nama untuk toko
   Kegiatan                      : Kegiatan dalam toko(jual pakaian,makana,aksesoris dll)
   Negara                         :Negara tempat saya
   Zona waktu toko          :Waktu tempat saya
Akun Anda   
   Nama depan              :bisa di sesuaikan dengan nama kalian
   Nama belakang         :bisa di sesuaikan dengan nama kalian
   Alamat email             :email yang di gunakan untuk login sebagai Admin
   Password toko           :password yang digunakan untuk login admin

8.Di tahap ini saya akan masukkan db yang saya buat tadi
Database server address  :  localhost
Database name  :  toko
Database login  :  root
Database password  :  amin
Table prefix  :  ps_  

9.Tunggu proses ini sampai selesai


10.proses installasi selesai pastikan tidak ada error.di situ disuruh hapus folder isntallnya

11.kemudian untuk menghapus folder "install" masuk ke directory prestasop seperti gambar di bawah


12.ok sekarang prestashopnya sudah bisa di akses


Referensi
https://www.howtoforge.com/prestashop-ubuntu-14.04

0 komentar:

Posting Komentar