Kamis, 09 November 2017

Sejarah Database



Pengertian
Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis

Sejarah
Mengikuti kemajuan teknologi di bidang prosesor,memori komputer,penyimpanan komputer,dan jaringan komputer,ukuran,kemampuan,dan kinerja database dan DBMS masing-masing telah tumbuh dalam urutan besarnya. Perkembangan teknologi database dapat dibagi menjadi tiga era berdasarkan model data atau struktur: navigasi, SQL / relasional , dan post relasional.

Model relasional , yang pertama kali diajukan pada tahun 1970 oleh Edgar F. Codd , berangkat dari tradisi ini dengan menekankan bahwa aplikasi harus mencari data berdasarkan konten, bukan dengan mengikuti tautan. Model relasional menggunakan seperangkat tabel gaya ledger, masing-masing digunakan untuk jenis entitas yang berbeda. Baru pada pertengahan tahun 1980an, perangkat keras komputasi menjadi cukup kuat untuk memungkinkan penyebaran sistem relasional yang luas (DBMSs plus aplikasi). Pada awal 1990an, bagaimanapun, sistem relasional mendominasi semua aplikasi pengolahan data berskala besar, dan pada tahun 2015 mereka tetap dominan: IBM DB2 , Oracle , MySQL,dan Microsoft SQL Server adalah DBMS teratas. [10] Bahasa database yang dominan, SQL standar untuk model relasional, telah mempengaruhi bahasa database untuk model data lainnya.

Database objek dikembangkan pada tahun 1980an untuk mengatasi ketidaknyamanan ketidakcocokan impedansi objek-relasional , yang menyebabkan terbitnya istilah "pasca-relasional" dan juga pengembangan basis data relasional hibrida.

Generasi berikutnya database post relasional di akhir 2000an dikenal sebagai database NoSQL , memperkenalkan toko dengan nilai penting dan database berbasis dokumen . Sebuah "generasi penerus" yang bersaing yang dikenal sebagai database NewSQL mencoba implementasi baru yang mempertahankan model relasional / SQL sementara bertujuan untuk mencocokkan kinerja tinggi NoSQL dibandingkan dengan DBMS relasional yang tersedia secara komersial.

Bahasa yang di gunakan basis data (database)
Terdapat dua jenis bahasa komputer yang digunakan saat kita ingin membangun dan memanipulasi sebuah basis data, yaitu:

Data Definition Language (DDL)
Data Manipulation Language (DML)

DBMS yang terkenal meliputi 
 MySQL
 PostgreSQL
 EnterpriseDB
 MongoDB , MariaDB
 Microsoft SQL Server
 Oracle
 Sybase
 SAP HANA
 MemSQL
 SQLite dan IBM DB2 .

Referensi
https://translate.google.co.id/translatehl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Database&prev=search

0 komentar:

Posting Komentar