Selasa, 17 Januari 2017

Installation Debian Server Jessie 8.6

Pengertian
 Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan
paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Latar belakang
menjadikan debian sebagai sistem operasi untuk server karena tidak berbayar(lisensi yang terbuka)

Tujuan  
membangun server sendiri dengan menggunakan sistem operasi debian server

Alat dan Bahan
1 iso Debian Server Jessie 8.6
ip untuk server dan gateway

Waktu yang di butuhkan 
waktu yang dibutuhkan sekitar 1-1/2 jam

Tahap pelaksanaan
1.pertama kita buka vm kita yang ada di proxmox kalau belum tahu vm yang kita buat klik disini
2.kemudian console lalu muncul tampilan seperti di bawah ini
3.terdapat 2 pilihan dengan mode install dan mode graphical install.jika memilih install tampilan bermode CLI(Command Line Interfaec).jika memilih Graphical install tampilan bermode GUI(graphical User Interface).saya pilih Install

 4.disini saya memilih english-english karena bayak tutorial linux yang  menggunakan bahasa tersebut
5.pada pilihan ini terdapat pemilihan lokasi karena indonesia ada di other>asia>indonesia

6.disini enter aja ikut defaultnya
7.type keyboard pilih “American English” tekan Enter
8.tunggu proses sampai selesai
9. tekan enter untuk Countine
10.kalian bisa memilih “Configure network manually”
11.beri ip dan prefix kalian
12.masukkan gateway
13.disi langsung saja tekan enter
14.masukkan Hostname disini saya menggunakan nama "amin"
15.disini disuruh masukkan nama domain.saya menggunakan domain "amin.net"
16.masukkan root password kalian "******"
17. disini sisuruh mengulangi password root kalian
18.di tahap ini adalah pemberian nama user saya menggunakan user"amin"
19.disin juga tahap pemberian akun user.saya disini juga menggunakan "amin"sebagai akun user saya
20.di tahap ini adalah pemberian password user baru"*****"
21.di tahap ini disuruh mengulangi password user kalian
22 pemilihan waktu saya memilih"western (sumatra,jakarta,java,west and central kalimantan)"
23.saya memilih "Guided - use entire disk and up lvm" itu adalah partisi secara otomatis
24.langsung saja enter
25.pilih All files in one partition(recommended for new users)
26.langsung pilih yes dan enter
28.langsung enter
29.pilih yes terus enter
30.tunggu sampai proses installasi selesai
31.karena kita tidak menggunakan DVD pilih "NO"
32.karena kita tidah menggunakan miror maka "NO" saja
33.tunggu hingga proses selesai

34."NO" enter
35.karena digunakan untuk server maka yang dipilih "SSH server & standard system utilities"
36.untuk GRUB boot pilih"yes"enter
37.pilih/dev/sda.........kemudian enter
38.Langsung enter



39.setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti di atas

Kesimpulan 
saya menggunakan sistem operasi debian sebagai sistem operasi pada server 

Referensi
https://wiki.debian.org/DebianJessie

0 komentar:

Posting Komentar