Sabtu, 07 Januari 2017

MACAM-MACAM ANTENA

Pengertian 
Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara.Bentuk antena bermacam macam sesuai dengan desain, pola penyebaran dan frekuensi dan gain. Panjang antena secara efektif adalah panjang gelombang frekuensi radio yang dipancarkannya. Antena dipol setengah gelombang adalah sangat populer karena mudah dibuat dan mampu memancarkan gelombang radio secara efektif.


Latar belakang
karena bayak orang yang menggunakan wlan maka butuh antena untuk memancarkan frekuensi dari wlan tersebut

Tujuan
ingin berbagi pengetahuaan tentang antena

Tahap pelaksanaan
1.ok mari kita bahas tentang macam-macam antena

2.Omni Directional
Antena omnidirectoral  yaitu jenis antena yang memiliki pola pemancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama,untuk menghasilkan cakupan area yang luas, antena  dengan daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. Antena ini akan melayani atau hanya memberi pancaran sinyal pada sekelilingnya atau 360 derajat. Antena Omnidirectional.
3.Flat Panel Antennaungsinya sama seperti antena grid yaitu memfokuskan ke satu titik.antena ini hanya di gunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang   jauh,karena frequency nya kecil.
4.Solid Disc Antenna
Antena Parabolik (Solid Disc) : memiliki fungsi dan frekuansi yang sama dengan antena grid, tetapi antena ini memiliki jangkauan lebih jauh dan lebih fokus  dibandingkan antena Grid. Antena Solid Disc biasanya digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh.
5.Grid Antenna
Antena ini merupakan salah satu antena wifi yang populer,sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik  tertentu sesuai pemasangannya.
komponen penyusunya yaitu : 
 1. reflektor
 2. pole
 3. jumper, fungsinya menghubungkan antena dengan radio.

antena grid ada 2 macam dengan frekunsi yangberbeda yaitu 5,8 Ghz dan 2,4 Ghz
perbedaan terdapat pada polenya
6.Sectoral Antenna 

Antena sectoral hampir mirip dengan antena omnidirectoral,yang juga di gunakan untuk access point to serve a point-to-multi-point (P2MP) links.dapat menampung hingga 5 client.beberapa antena sectoral di buat tegak lurus dan ada juga yang horizontal.

Ok ini yang saya buat semoga bermanfaat

Kesimpulan
Sebagai anak IT kita harus tau macam-macam antena

Referensi
http://sahrenteck.blogspot.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Antena_(radio)

0 komentar:

Posting Komentar