Selasa, 18 April 2017

Mengubah port pada winbox dan login berdasarkan ip yang telah di tentukan

Pengertian 
pada Router Mikrotik terdapat beberapa port yang di gunakan untuk service Mikrotik.jadi orang-orang yang terbiasa di dunia IT khusunya jaringan pada sudah tahu default port-port yang di gunakan di dalam Router Mikrotik.untuk meningkatkan keamana saya akan mengubah port-port yang di gunakan pada Router Mikrotik dengan port yang lain.

Latar belakang  
ok dari pengertian di atas pasaktu tilah kalian sedikit paham.pada kali ini saya akan mengubah port Winbox yang ada di Mikrotik dengan port lain pada default nya port Winbox. karena biasanya winbox bayak di gunakan untuk konfigurasi mikrotik karena tampilnya yang GUI.pada dasarnya port Winbox 8291 dan nanti saya akan ubah dengan 5758.

Tujuan 
mengubah default port pada winbox 

Alat dan bahan 
1 Mikrotik
1 kabel straight
pc untuk konfiguasi

Waktu Pelaksanaan
5 menit

Tahap pelaksanaan 
ok pertama saya akan masuk menu IP>services dan di situ ada beberap ada beberapa port services yang di gunakan Router Mikrotik


pada pengertian di atas saya akan mengubah port default Winbox 8291 dengan port 5758 dan pada Availabel Form ip yang akan di daftarkan yang nantinya akan gunakan untuk mengakses Mikrotik.


untuk login setelah port default pada Winbox ganti.dengan ip:port yang diganti tad.nah pada gambar di atas belum bisa login karena Availabel Form ip nya bukan yang itu yang saya daftar kan tadi.jika ingin bisa login gunakaan ip yang terdaftar di Availabel Form tadi.


nah pada gambar di atas sudah bisa login karena saya login menggunakan ip yang terdaftar di Availabel Form.

Kesimpulan 
jadi dengan Mengubah port pada winbox dan login berdasarkan ip yang telah di tentukan ini akan sedikit mengamankan Mikrotik.

Referensi
Buku_Keamanan_Mikrotik_Seri_1-v3 

1 komentar: