Sabtu, 25 Maret 2017

Backup Aplikasi menggunakan AptonCD



Pengertian
APTonCD adalah alat yang dapat membuat cadangan paket perangkat lunak ( deb file) download melalui Advanced Packaging Tool (APT) atau aptitude , menciptakan sebuah repositori yang dapat digunakan untuk menginstal paket-paket di komputer lain tanpa akses Internet. APTonCD mengumpulkan paket dikumpulkan menjadi satu image ISO .

Latar belakang
saya akan install ulang sistem operasi saya tapi ada aplikasi yang saya butuhkan lalu saya ingin memBackup dengan menggunakan Aptoncd supaya aplikasi yang masih saya butuhkan tadi bisa di install ulang tanpa koneksi internet

Tujuan
Backup Aplikasi menggunakan Aptoncd

Alat dan bahan
flashdisk(karena saya membackup dengan falshdisk)
koneksi internet

Waktu pelaksanaan
5 menit (tergantung banyaknya aplikasi yang di install)

Tahap pelaksanaan
1.ok pertama saya akan install aptonCD dengan perintah
   apt-get install aptonCD

2.kemudian buka dengan perintah aptoncd.selanjutnya create untuk membuat
   aplikasi yang akan di backup


3.pilih aplikasi yang akan dibackup.selanjutnya Burn


4. pada saat di Burn saya menggunakan USB Stick sebagai media penyimpanan
    externalnya


5.kemudian periksa filenya di flashdisk yang digunakan untuk Burn tadi

Kesimpulan
dengan membuat cadangan ini untuk jaga-jaga apabila ada aplikasi yang trouble


Referensi
http://aptoncd.sourceforge.net/

0 komentar:

Posting Komentar