Rabu, 08 Maret 2017

Limitasi Bandwidth pada debian router 8.6



Pengertian
Manajemen bandwidth adalah proses mengukur dan mengendalikan komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi link ke kapasitas atau overfilling link, yang akan menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jaringan. manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit / s) atau byte per detik (B / s)

Latar belakang
supaya bisa membatasi akses kepada client

Tujuan
melimit Bandwidth pada Debian Router

Alat dan bahan




Limitasi Bandwidth pada debian router 8.6


1.ok pertama untuk limit Bandwidth saya gunakan wondersharpe.saya install    

   dulu dengan perintah
  apt-get install wondersharpe


2.setelah itu
  wondersharpe eth0 1024 512



  ket:
  etho=interfaces yang akan saya limit adalah eth0
  128(Kb)=Bandwidth Upload
  128(Kb)=Bandwidth Download

3.setelah itu cek dengan perintah

  wondersharpe eth0 


4.disini saya juga test menggunakan speedtest.saya akan install dulu

   apt-get install speedtest-cli


5.kemudian scan dengan perintah

   speedtest 

Kesimpulan 
Dengan melimit Bandwidht saya bisa membatasi client saya untuk upload & download

Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Bandwidth_management 
http://alfuniam.blogspot.com/





0 komentar:

Posting Komentar