Selasa, 07 Maret 2017

Setting ip static pada CenOS 7



Pengertian
 Alamat IP (singkatan dari alamat Internet Protocol) merupakan identifier ditugaskan untuk setiap komputer dan perangkat lain (misalnya, printer, router , perangkat mobile , dll) yang terhubung ke jaringan TCP / IP [1] yang digunakan untuk mencari dan mengidentifikasi node dalam komunikasi dengan node lain pada jaringan

Latar belakang
jika menggunakan ip dhcp  maka akan sulit untuk meremote CentOS server.pada tutorial kali in saya akan Setting ip static pada CentOS 7

Tujuan
Setting ip static pada CentOS 7

Alat dan bahan
Debian Router
CentOS server
switch
kabel utp

Waktu pelaksanaan
10 menit

Tahap pelaksanaan
1.ok pertama saya masuk CentOS server

2.kemudian saya masukkan perintah seperti di bawah ini
  vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-enp0s3

 3.    ket:
BOOTPROTO=static --> Agar menjadi mode static/tidak berubah
DEVICE=enp3s0 --> Nama device eth0
ONBOOT=yes --> Jika saat server mati maka eth0 akan hidup otomatis
IPADDR=192.168.7.2
NETMASK=255.255.255.248
GATEWAY=192.168.7.1
DNS=202.134.1.10 , 202.134.0.155 --


4.kemudian restart


5.kemudian ip addr untuk mengetahui ip yang tadi saya buat

6.selanjutnya tambahkan DNS server

7.setelah itu coba ping sudah bisa belum


Kesimpulan
jadi dengan ip static saya akan lebih mudah meremote server saya

Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/IP_address

http://www.rifkiferdian.org/

0 komentar:

Posting Komentar