Kamis, 09 Maret 2017

Install Cacti untuk Monitoring Pada Debian 8.6 jessie




Pengertian
Cacti adalah sebuah open-source , berbasis web monitoring jaringan alat dan grafik yang dirancang sebagai front-end aplikasi untuk open-source, standar industri.pengguna, masing-masing dengan set grafik mereka sendiri sehingga kadang-kadang digunakan oleh web hosting penyedia (terutama dedicated server virtual private server yang , dan penyedia kolokasi) untuk menampilkan statistik bandwidth yang untuk pelanggan mereka. Hal ini dapat digunakan untuk mengkonfigurasi pengumpulan data itu sendiri

Latar belakang
untuk memonitoring sebenarnya ada banyak aplikasi tapi saya mencoba menggunakan cacti 

Tujuan 
install cacti pada Debian 8.6.jessie

Alat dan bahan

 1.ok pertama saya install cacti dengan perintah
  apt-get install cacti


2.pada tahap ini saya disuruh mengupdate php.ini tapi langsung OK saja


3.kemudian saya disuruh mengkonfigurasi cacti pada database


4.selanjutnya saya disuruh memasukkan password database saya


5.kemudian disuruh memasukkan password MySQl unutk cacti


6.kemudian disuruh mengulangi password MySQL tadi


7.Kemudian disuruh memilih web server.karena saya menggunakan web server
  apache2 maka saya pilih apache2



8.langsung klik next saja


9.gambar di bawah ini adalah keterangan konfigurasi cacti tadi.langsung next
  saja


10.jika semua tidak ada error maka langsung klik Finish


11.User Name:admin
   Password :database pada configurasi cacti tadi


12.Nah ini adalah Dashboard pada cacti
Kesimpulan 
dalam tutorial ini saya install cacti untuk monitoring.tapi sebenarnya masih banyak masih banyak

Referensi
http://febriyan.net/
https://en.wikipedia.org/wiki/Cacti_(software)

0 komentar:

Posting Komentar