Selasa, 21 Maret 2017

DHCP Relay



Pengertian
DHCP Relay merupakan sebuah metode untuk distribusi IP Address ke perangkat client dengan memanfaatkan DHCP server yang terpusat pada router lain. Sehingga bisa dikatakan router yang menjadi DHCP relay hanya meneruskan 'DHCP Request' dari perangkat client ke DHCP server. 

Latar belakang 
memusatkan DHCP server dalam perangkat lain

Tujuan
membuat DHCP Realy

Alat dan bahan
2 pc
2 mikrotik
3 kabel utp

Waktu pelaksanaan
10 menit

Tahap pelaksanaan
1. pada router yang diatas saya kasih ip untuk ether3 yang turun ke bawah


2.pada ip>pool saya menambahkan range ip /29 disini saya membuat 2 DHCP
   Server


3.ip>DHCP Server(+)
   name             DHCP Server1
   interfaces     ditunjukan untuk ether yang 3 yang mengarah Router bawah
   Address pool   range ip yang saya buat tadi


4.karena saya membuat 2 DHCP server maka lakukan hal yang sama untuk
   yang kedua


5. Address         network pada DHCP Server1
   Gateway         Gateway pada DHCP Server

   Netmask        29
   DNS server     ip server ether3


PADA Router yang di bawah

7.masukkan ip untuk ether1,ether2,ether3


8.name                  ether2
   interfaces           pada DHCP 1 saya output di ether2
   DHCP  Server    sesuaikan dengan Router yang di atas
   Local address    gateway dari DHCP Server1

Kesimpulan 
Dengan menggunakan DHCP relay saya bisa memusatkan DHCP Server dalam perangkat yang berbeda supaya lebih aman

Referensi
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=120




0 komentar:

Posting Komentar