Jumat, 17 Maret 2017

MultiSSID



Pengertian
Multiple SSID adalah salah satu fitur yang sering digunakan dalam distribusi akses jaringan melalui media nirkabel/wireless.cara ini memungkinkan perangkat yang hanya memiliki 1 interfaces wireless bisa 2 SSID dengan menggunakan virtual wireless

Latar belakang
pada mikrotik RB941 -2nD TC yang hanya memiliki 1 fisik wlan dan saya ingin membuat 2 SSID secara virtual

Tujuan 
Membuat virtual wlan

Alat dan bahan 
1.mikrotik
2.pc client

Waktu pelaksanaan
15 menit

Tahap pelaksanaan
1. dalam topologi di atas saya akan membuat 2 SSID
     (Wlan1=wlan fisik) Guru      =DHCP (ip 192.168.10.0/29)
      (Wlan2=wlan firtual) SIswa    =Hotspot(ip 192.168.11.0/29)


2.ok pertama saya hidup kan interfaces wlan1


3.masuk menu Wireless>Security profiles(+)


4.lalu saya tambahkan password supaya aman


5.setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini


6.pada Interfaces>wlan klik2x
mode =ap bridge
SSID  =GURU
Security profiles= profil(mengikuti password yang di buat tadi)


7.kemudian saya menambah ip pada wlan1


8.kemudian masuk ip>DHCP server


9.DHCP setup (+) lalu masukkan wlan1



10.kemudian akan menambahkan SSID yang kedua(virtual wlan)

11.kemudian Wireless SSID SISWA


12.saya akan menambah ip pada wlan2


13.pada wlan saya akan menyetting sebagai wireless


14.server>Hostpot setup(+) jika muncul maka akan muncul tampilan seperti di   bawah ini


16.nah sudah muncul 2 SSID yang kita buat tadi


17.kemudian saya login Guru disuruh memasukkan passwordnya tadi


18.nah udah terconeksi


19.kemudian saya mencoba login dengan menggunakan hotspot siswa


20.kemudian disuruh memasukkan user & password
kesimpulan 
dengan menggunakan cara ini akan menghemat perangkat

Referensi
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=120
 


0 komentar:

Posting Komentar